tips-mengatasi-laptop-lemot

Nowafricafest.com – Laptop kamu sering lemot, dan bingung cara mengatasi pas lagi butuh kerjain kerjaan. Pasti kamu merasa jengkel dengan laptop yang lemot, dan kamu sedang tidak ada budget untuk meng-upgrade laptop atau pc kamu.

Laptop kini menjadi alat yang sangat dibutuhkan hampir setiap orang dalam berbagai macam pekerjaan ataupun kegiatan sehari-hari. Masalahnya laptop yang kita sering gunakan sehari-hari terfokus untuk mengerjakan pekerjaan kita saja, tapi kita lupa untuk me-maintain laptop kita. Dan hal ini tentu saja membuat laptop menjadi lama atau lambat.

Dengan semakin bertambahnya aplikasi yang kita gunakan pada laptop kita dan semakin lama digunakan, performa laptop cenderung akan semakin menurun. Proses loading laptop menjadi melambat, atau pada saat membuka aplikasi jadi tidak secepat dulu. Jika laptop kamu sudah mulai lemot atau melambat, kamu jangan langsung mengganti dengan laptop baru karena ada cara buat mengatasi laptop yang lemot.

Cara agar laptop tidak ngelag dapat kamu lakukan sendiri. Kamu bisa juga meminta bantuan teman atau anggota keluarga kamu yang paham tentang komputer. Kami akan membahas cara mengatasi laptop agar tidak lemot atau lagging.

12 Tips Cara Mengatasi Laptop Yang Lemot

Lemot atau lagging umumnya terjadi karena laptop yang tidak lagi memberikan performa terbaiknya, hal ini terjadi oleh beberapa faktor seperti usia, atau mungkin juga karena cara penggunaan yang sudah melewati batas maksimum. Pada artikel ini kami akan menjabarkan cara supaya laptop tidak lemot atau ngelag dan performanya dapat maksimal kembali lagi. Tapi perlu kamu ingat ya, cara ini tidak selalu 100 persen berhasil.

1. Uninstall Aplikasi Laptop atau PC Yang Tidak Diperlukan

mengatasi-laptop-lemot-uninstall-program

Kita tentunya ketika memiliki laptop kita terkadang banyak menginstall berbagai macam aplikasi. Hal ini akan membuat kapasitas penyimpanan pada laptop akan semakin lama menjadi penuh dan membuat sistem terlalu lama dalam membaca harddisk, efeknya laptop jadi lemot atau lagging. Pasti kamu males kan kalau pakai laptop yang mau membuka aplikasi apapun jadi lama.

Cara mengatasi laptop lemot karena terlalu banyak aplikasi bisa dengan cara uninstall beberapa aplikasi yang kamu sudah jarang gunakan atau tidak kamu pakai lagi. Pilih aplikasi yang mungkin kamu dulu kamu perlukan namun sekarang kamu tidak butuhkan lagi, kemudian kamu uninstall aplikasi tersebut. Cek aplikasi yang mungkin kamu tidak sengaja terinstall pada saat browsing, dan pada saat mendownload kamu diharuskan menginstall aplikasi yang tidak kamu tahu.

Gunakan aplikasi yang memang sesuai dengan keperluan saja, karena sangat disayangkan apabila memori laptop kamu sampai penuh karena kebanyakan aplikasi. Usahakan kamu menyisihkan free space memori laptop kamu sekitar 20 persen dari total kapasitas memori harddisk kamu yah! Cara ini menjadi solusi yang mudah dan gratis untuk laptop kamu yang lemot.

2. Pakai Antivirus

mengatasi-laptop-lemot-install-antivirus

Seringkali laptop menjadi mendadak lemot karena terkena dampak virus atau malware. Hal ini umumnya terjadi karena kita sering mendownload dari situs yang tidak jelas yang menyediakan link download file aplikasi, beberapa file yang ada di dalamnya banyak yang berisi malware atau virus.

Cara agar laptop tidak lemot karena terkena virus, kamu bisa dengan mudah memasang antivirus yang tidak terlalu berat tentunya, dan pastinya kamu selalu mengupdate secara rutin.

3. Pakai Aplikasi Sesuai Spesifikasi Laptop atau Komputer

mengatasi-laptop-lemot-menyesuaikan-aplikasi

Pastikan kamu paham spek dari laptop karena hal ini membantu kamu menilai aplikasi yang cocok dan sesuai. Jika tidak sesuai, tentu saja pada saat membuka aplikasi tersebut, laptop atau komputer kamu jadi cepat panas dan berujung dengan lemot atau lag. Misalkan kamu ingin menginstall game berat favorit kamu seperti DOTa, Call of Duty, The Witcher dan lainnya. Padahal spesifikasi laptop pc kamu tidak terlalu mumpuni untuk game tersebut. Kamu jangan bingung pada saat memainkan game berat itu, pc jadi sering panas dan berujung pada blue screen.

Cara mengatasinya adalah jangan terlalu memaksakan, pilihlah aplikasi atau game yang sesuai. Beberapa aplikasi juga biasanya akan meng-update jika ada fitur terbaru dan hal ini akan membuat daya kerja laptop juga bertambah. Supaya tidak lemot atau lag kamu harus memilih aplikasi yang tepat dan sesuai dengan spesifikasi pc kamu.

4. Menyesuaikan Pemakaian Aplikasi Laptop atau Komputer

mengatasi-laptop-lemot-task-manager

Memakai aplikasi secara sekaligus pada waktu bersamaan menjadi salah satu faktor penyebab laptop menjadi lamban atau lemot. Kita sering tidak sadar akan hal ini, karena kita terbiasa menggunakan pc atau laptop pada tempat lain yang mungkin memiliki spek yang lebih tinggi. Dan saat kita memakai komputer pribadi kita yang speknya lebih rendah kita masih menggunakan kebiasaan untuk membuka aplikasi terlalu banyak. Hal ini akan membuat laptop lemot.

Contohnya ketika kita sedang membuka aplikasi game yang biasanya memakan memori yang banyak, lalu kita membuka aplikasi lagu mp3 sembari bermain game. Tentunya pc atau laptop jadi bekerja keras untuk melakukan dua hal secara bersamaan dan menyebabkan laptop jadi lemot atau lag.

Sebagai solusi kamu bisa mengandalkan fitur task manager untuk mengontrol pemakaian RAM saat memakai aplikasi pada laptop kamu. Apabila aplikasi tersebut memakan memori terlalu besar tentunya bisa menyebabkan pc menjadi lemot, kamu harus menghindari hal ini terjadi yah. Karena jika tidak banyak terjadi pc mengalami blue screen.

5. Membersihkan Desktop dan Aplikasi Pada Startup Laptop / PC

cleanup-startup

Banyaknya aplikasi pada desktop bisa jadi salah satu penyebab laptop menjadi lemot. Hal ini mungkin tidak akan terjadi pada pc atau laptop dengan spesifikasi yang mumpuni atau high end. Terkadang jika kita terlalu sering menginstall aplikasi pada desktop akan mengakibatkan pc kita menjadi lemot. Pada umumnya ada beberapa aplikasi yang secara otomatis berjalan pada saat pc dihidupkan, seperti anti virus, lalu tema dan masih banyak lagi lainnya. Dengan banyaknya aplikasi seperti yang berjalan pada saat pc di hidupkan tentunya komputer akan memproses seluruh aplikasi tersebut. Akibatnya tentu laptop jadi semakin lemot pada saat dihidupkan

Solusinya adalah usahakan agar jangan terlalu banyak menginstall aplikasi yang membutuhkan startup proses. Caranya dengan mengakses fitur control panel, lalu pergi ke kolom pencarian dan ketik startup proses, pilihlah aplikasi yang berat untuk dimatikan.

6. Menambahkan RAM Pada PC atau Laptop

mengatasi-laptop-lemot-upgrade-ram

Solusi untuk mengatasi laptop atau pc kamu yang lemot yaitu menambahkan kapasitas RAM. Seperti halnya kamu memiliki ruangan dapur, ketika kamu memiliki dapur dengan ukuran kecil tentunya kamu akan terbatas menaruh peralatan yang kamu gunakan. Beda halnya jika kamu memiliki ruang dapur yang lebih besar, tentunya kinerja kamu jadi semakin cepat. Penambahan RAM pada laptop juga sama karena akan membuat pc atau laptop kamu jadi semakin cepat.

Tapi menambahkan RAM tidak bisa sembarangan karena spesifikasi laptop atau pc juga variatif, perhatikan spek RAM seperti (DDR3, DDR4) karena berbeda versi juga tentunya memiliki kecepatan memproses data atau file aplikasi.

7. Melakukan Reset Windows

mengatasi-laptop-lemot-reset-pc

Cara mengatasi dari komputer atau laptop yang lemot seringkali disebabkan oleh karena banyak faktor dan menjadi sulit untuk diatasi dengan satu demi satu, kita sering kebingungan saat laptop yang ingin kita pakai menjadi lemot saat itu. Cara untuk mengatasi dengan cara yang mudah agar laptop kita tidak lemot adalah dengan cara melakukan reset ulang Windows komputer kita.

Sebelum kamu melakukan reset ulang windows adalah kamu perlu backup data penting yang ada didalam laptop kita, karena jika tidak seluruh data yang ada pada pc atau laptop kita akan terhapus selamanya.

Langkah selanjutnya untuk melakukan reset ulang windows yaitu pergi ke menu setting control panel yang dapat diakses dari tombol windows lalu ketik setting atau setelan pada kolom pencarian, lalu pilih menu update & security, lalu pilih recovery, dan pada bagian reset perangkat ini pilih Get Started. Hingga tunggu beberapa saat dan proses reset akan berjalan dengan sendirinya.

8. Memakai Kipas Pendingin atau Cooling Pad

mengatasi-laptop-lemot-cooling-pad

Jika laptop atau pc kamu masih juga mengalami lag atau lemot setelah semua cara diatas masih juga belum efektif, kamu dapat menggunakan pendingin tambahan berupa cooling pad atau kipas pendingin seperti yang terlihat pada gambar. Hal ini akan membantu laptop atau komputer kamu jadi tidak mengalami overheat, karena panas yang berlebihan akibat pemakaian aplikasi, dan juga suhu ruangan saat kamu menggunakan laptop atau pc.

Seperti yang kita ketahui panas yang berlebih atau overheat akan membuat kinerja pc atau laptop menjadi lemot.

9. Memakai Thermal Paste

mengatasi-laptop-lemot-thermal-paste

Cara lain adalah dengan cara memakai thermal paste pada processor yang baru. Processor yang terdapat pada laptop atau komputer tentunya sudah memakai thermal paste, namun seiring dengan waktu pemakaian thermal paste yang sudah terpasang bisa menurun daya pendinginnya. Oleh karena itu perlu untuk mengganti thermal paste dengan yang baru.

Thermal paste yang baru cukup dengan mudah. Pada proses pemasangan thermal paste terbilang mudah hanya dengan membersihkan lempengan processor yang ingin dipasang dengan kain atau lap kering, lalu oleskan secukupnya cairan thermal paste yang baru dan pasang kembali processor kembali.

10. Mengganti Memori HDD dengan SSD

mengatasi-laptop-lemot-ganti-hdd-ssd

Cara mengatasi pc atau laptop yang lemot berikutnya adalah dengan cara mengganti HDD dengan SSD. HDD atau SSD adalah hardware yang digunakan untuk menyimpan seluruh data yang ada pada pc atau laptop, di dalamnya terdapat berkas file hingga menyimpan OS (operating system). Keduanya meskipun memiliki fungsi yang sama tapi memiliki kemampuan kerja yang sangat berbeda. Dan memang tidak bisa dipungkiri harga SSD jauh lebih mahal juga jika dibandingkan dengan HDD.

11. Membersihkan Cache File Secara Rutin

mengatasi-laptop-lemot-hapus-cache-cookies

Cara untuk mengatasi laptop lemot bisa dengan cara membersihkan atau delete cache file secara rutin. Cache dan cookies dalam laptop atau komputer berguna jika ketika kita ingin membuka file yang sudah pernah kita buka sebelumnya proses loading menjadi semakin cepat. Tapi jika terlalu banyak hal ini akan membuat kinerja laptop atau komputer kita jadi lemot.

Caranya mudah, kamu cukup membuka File Manager kemudian klik kanan pada icon hard disk lalu pilih properties, kemudian pada tab General pilih Disk Cleanup untuk menghapus cache atau temporary files yang sudah menumpuk.

12. Manfaatkan Penyimpanan Cloud Storage

cloud-storage

Sebuah media penyimpanan seperti cloud Storage bisa menjadi cara mengatasi pc atau laptop yang lemot, karena hal ini membantu kita menyimpan data yang ada pada pc atau laptop dengan virtual dan tidak memakan kapasitas HDD atau SSD kita. Seketika kita ingin memakai file tersebut kamu bisa download ulang file yang telah kamu upload. 

Selain itu, cloud storage ini dapat berfungsi jika kita hendak membagikan file atau data yang kita punya untuk orang lain atau tim kerja kamu. Kami merekomendasikan layanan cloud storage gratis dan mudah seperti Google Drive, Dropbox, iCloud, Mediafire, 4Shared, dan lainnya.

Kesimpulan

Itulah cara mengatasi laptop yang paling mudah dan tidak ribet yang dapat kamu lakukan sendiri. Tanpa harus repot keluar rumah mengingat masih dalam masa pandemi covid-19. Semoga kalian dapat terbantu dengan artikel ini dan bagikan kepada kerabat atau teman anda jika hal ini membantu ya !