12-cara-merawat-hp

Ponsel atau biasa kita sebut dengan hp atau smartphone merupakan benda penting bagi kehidupan kita saat ini. Tapi, seringkali ponsel atau hp yang kita baru beli cepat rusak padahal setiap hari hp kita sangat membutuhkan hp tersebut dan bahkan hp yang kita punya adalah hanya satu. Pasti mau dong kita tahu cara biar hp kita jadi lebih awet sehingga kita tidak perlu mengeluarkan dana lebih.

Agar hp kita tidak cepat rusak ada beberapa cara yang perlu kita ketahui. Simak terus sampai habis ya!

1. Selalu Rutin Membersihkan Hp

Pertama hal ini menjadi faktor yang sering kita lupakan, kadang setelah kita pakai setelah pulang seharian bekerja kita sering taruh hp kita di sembarang tempat. Hal ini bisa menjadi penyebab hp kita kemasukan debu, atau air dan partikel kecil lainnya kedalam celah dan membuat komponen yang ada didalam hp kita jadi berfungsi tidak seperti normal dan hasilnya jadi cepat rusak.

Alangkah baiknya kita selalurutin membersihkan hp kita secara rutin dengan bantuan kain halus seperti microfiber atau tisu yang sudah kita basahi dengan sedikit air, kemudian kita keringkan dengan tisu yang kering.

2. Memakai Pelindung Hp

Cara yang kedua agar hp tidak cepat rusak dan awet ini adalah menggunakan pelindung hp, baik itu bawaan dari paket pembelian atau kita beli dari toko aksesoris hp. Ini menjadi langkah yang termasuk harus dan wajib, karena ini bertujuan agar hp kita terlindung dari benturan benda tajam dan keras seperti terjatuh dari kantong, meja, dan lainnya. Gunakan pelindung layar juga sangat penting, walaupun hp yang kita beli sudah diproteksi dengan Corning Gorilla Glass sehebat apapun perlu yang namanya anti gores atau tempered glass, sebab debu yang tidak kelihatan sering menjadi faktor layar pada hp menjadi cepat tergores.

Berbeda dengan hp pada waktu dulu yang mempunyai body yang kuat seperti hp nokia, hp jaman sekarang yang sebagian besar terbuat dari material plastik dan kaca. Apabila hp sudah tergores dan retak akan mengurangi harga jual, bila kita ingin menjual kembali hp tersebut.

3. Menghindari Penggunaan Hp Ketika di Charge

Pemakaian hp pada saat keadaan pengisian daya atau charge, membuat hp kita menjadi cepat panas. Pasalnya dalam kondisi pengisian daya hp kita otomatis akan menjadi lebih panas, apalagi saat kita pakai dalam kondisi charge. Hal ini jika dilakukan terus menerus akan membuat hp menjadi overheat, contohnya kita pakai hp untuk bermain game sembari kita charge. Panas berlebihan ini akan membuat komponen yang ada didalam hp kita jadi cepat rusak dan tidak awet.

Hal penggunaan powerbank juga menjadi catatan penting untuk kamu ketahui. Tegangan yang diberikan oleh powerbank saat pengisian daya seringkali tidak stabil apalagi ditambah apabila kita memakainya sembari di charge dengan powerbank, jadinya daya yang diisi oleh powerbank tersebut menjadi naik turun dan membuat hp kita jadi cepat rusak.

4. Mengunduh dan memakai aplikasi sembarangan

Beberapa aplikasi yang kita ketahui memiliki fitur berbayar yang apabila kita pakai akan lebih memudahkan pada saat pemakaian. Perlu kamu ketahui aplikasi tersebut biasanya tersedia atau dapat kamu unduh pada sumber yang belum tentu terpercaya. Akan sangat menjadi resiko apabila aplikasi tersebut berisi virus atau malware yang bisa merusak sistem pada hp kamu.

Sangat disarankan jika kamu ingin mengunduh sesuatu untuk memperhatikan sumbernya. Jangan asal percaya dan memakai aplikasi yang berasal dari sumber yang bukan resmi, selalu gunakan aplikasi yang sudah disediakan oleh pihak developer sistem operasi hp kalian seperti PlayStore untuk pengguna Android, AppStore untuk pengguna iOS, AppGalery untuk pengguna HarmonyOS, dan seterusnya yang akan berdampak hp kamu jadi cepat rusak dan tidak awet.

5. Selalu menggunakan charger Original

Memakai charger berikut dengan kabel charger yang tidak original tentunya memiliki perbedaan dari segi hasil tegangan bisa tidak cocok untuk hp kamu. Selalu jeli dalam membeli chargeran dan usahakan agar membeli dari toko resmi dan sudah mendapatkan lisensi. Contoh dari lisensi bisa dilihat dari detil yang tertera pada dus pembelian. Hal ini disebabkan charger abal terbuat dari komponen yang tidak berkualitas dimana saat dipakai terjadi perbedaan tegangan, yang berujung ponsel kita jadi cepat panas dan membuat hp kita jadi cepat rusak.

Jadi, selalu perhatikan charger yang akan kita pakai apakah spesifikasinya sesuai dengan hp yang kita pakai atau tidak.

6. Segera Hapus Aplikasi yang Jarang dipakai

Kamu pasti ada aplikasi yang sudah kamu jarang pakai. Beberapa aplikasi tersebut kadang masih memakai RAM jika aplikasi tersebut berjalan di layar belakang. Hal ini membuat hp jadi terasa lemot dan apabila terlalu banyak akan membuat hang. Jadi kami sarankan agar anda melihat kembali aplikasi yang ada di hp kamu, dan segera uninstall aplikasi yang sudah lama tidak kamu pakai lagi.

7. Hindari Perangkat Elektronik Lain dengan Hp Kamu

Biasanya perangkat elektronik memiliki daya elektro magnetik yang dapat menyebabkan hp kamu jadi cepat rusak. Daya elektro magnetik tersebut dapat menyerap daya dari komponen yang ada dalam hp kamu secara cepat atau lambat. Semisalnya saja jika hp kita dekatkan pada layar televisi atau TV, layar TV jadi seperti berkedip atau muncul garis saat ada pesan masuk atau ada panggilan masuk di hp kita.

8. Update Sistem Operasi

Pihak developer dari hp biasanya akan memberikan update, jika sewaktu waktu ada bug atau masalah seiring dengan berkembangnya waktu. Bahkan update sistem operasi ini memungkinkan kita mendapatkan fitur yang lebih baru dan pastinya akan mengamankan hp kamu. Untuk itu disarankan agar selalu update sistem operasi sewaktu tersedia. Cara untuk merawat hp agar awet ini mudah banget, tinggal kita pergi ke pengaturan atau settings lalu lihat pada bagian tentang perangkat, dan apabila ada peringatan akan pembaharuan sistem operasi kita bisa memilih opsi tersebut.

9. Update Aplikasi

Hampir mirip dengan update sistem operasi, aplikasi yang sering kita gunakan juga butuh update. Kegunaan dari update tersebut juga untuk menghindari dari bugs, dan juga hacker yang berusaha untuk mengambil data informasi pribadi kita. Dan juga pembaharuan aplikasi juga bermanfaat agar kita mendapat fitur terbaru pada aplikasi kita.

Cara untuk mengetahui ini tentunya kita harus mengakses dari aplikasi developer seperti PlayStore, AppStore, atau AppGallery.

10. Usahakan agar mematikan hp saat kita tertidur

Cara ke sepuluh untuk menjaga hp agar awet dan tidak cepat rusak ini terkesan agak susah gampang dalam hal ini untuk dilakukan, karena kadang kita tetap membutuhkan informasi lewat hp kita di setiap saat. Namun, apabila kita mematikan hp saat tertidur akan dapat menambah panjangkan usia baterai hp kita dan membuat hp jadi awet dan tidak cepat rusak.

Ya, cara untuk merawat hp agar tidak cepat rusak ini memang terkesan sulit, dan apabila kita terpaksa harus tetap menyalakan hp kita saat tidur atau malam hari, disarankan taruh hp kita pada tempat yang jauh dari tempat kita tidur.

11. Hindari membawa hp ke dalam kamar mandi

Terkadang kita sering membawa hp saat kita hendak pergi mandi, hal buruk sering terjadi jika kita membawa hp ke dalam kamar mandi. Seperti bisa saja hp kita jatuh dan tercemplung ke dalam air, lalu terkena cipratan air dan akan masuk ke celah hp kita.

Jadi sangat disarankan untuk sebisa mungkin tidak membawa hp kedalam kamar mandi demi menjaga hp kita agar tetap awet. Jika kamu sangat terpaksa harus membawa hp kedalam kamar mandi usahakan agar taruh hp pada tempat yang jauh dari air.

12. Bersihkan Cache pada Hp

Cara yang terakhir ini bagi sebagian orang umumnya yang agak gaptek, akan terasa sulit tapi hal ini bisa menyebabkan hp menjadi lemot dan cepat rusak. Pasalnya cache adalah kumpulan dari data yang pernah kita akses yang akan memudahkan kita sewaktu kita membuka data tertentu. Dan jika data-data yang lama ini yang sudah tidak atau jarang kita buka kembali menumpuk, akan mengakibatkan hp kita menjadi lemot.

Cara untuk membersihkan ini bisa kamu akses dari Pengaturan, lalu kamu bisa cari pada kolom yang berada paling atas pada menu pengaturan dan ketik “cache” dan pilih opsi bersihkan cache.

Kesimpulan

Cara cara untuk merawat hp yang sudah disebutkan diatas walaupun terlihat banyak tapi disarankan agar melakukan setidaknya empat dari duabelas cara yang sudah kami jelaskan diatas agar hp kamu jadi tidak cepat rusak dan awet sampai tahunan. Kami berharap agar artikel ini berguna untuk kamu semua ya.